Selasa, 05 Februari 2013

Pengertian Homepage

Apa itu homepage ???




homepage lebih berarti sebuah "halaman" tertentu milik seseorang pada suatu situs. Misalnya, kalau saya punya homepage, bisa jadi alamatnya (misal): http://upi.edu/~bitra. Dan pengertian "homepage" tadi tentu berarti bahwa alamat yang dirujuk (misal:http://upi.edu/~bitra) menampilkan sebuah "halaman utama" yang paling tidak berisi sedikit 'index' menuju beberapa "webpage" yang berada di bawah struktur homepage itu. Istilah homepage ini hampir mirip dengan webpage yang merujuk kepada sebuah halaman tertentu pada suatu situs. Misalnya alamat di bawah ini:
Code:
http://www.zmag.org/ParEcon/pelac.htm
http://www.zmag.org adalah alamat sebuah situs, sementara "pelac.htm" merupakan alamat halaman spesifik atau webpage tadi.

Blog itu kan merupakan istilah untuk mendefinisikan "catatan" alias "journal" a.k.a "log" (mereka yang cukup akrab dengan komputer biasanya gak asing dengan kata "log" yang artinya catatan) atau dikenal juga dengan catatan harian yang di-publish di internet. BLog sendiri datang dari penggabungan kata "web" dan "log" yang artinya "catatan web" alias "catatan (yang ditampilkan secara) online".

Kadang, kita sering bingung dengan istilah "homepage". Misalnya lagi, apakah account yang saya punya di GEOCITIES (misal:
http://www.geocities.com/bitra) itu disebut website atau homepage? Kalau merujuk pada definisi yang saya jelaskan tadi, "alamat" yang saya miliki tadi jelas disebut sebagai "homepage". Sementara, istilah website sendiri berlaku untuk www.geocities.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar